Monday, October 5, 2009

Peta Kawasan Rawan Gempa di Sumbar

Peta Kawasan Rawan Gempa di Sumbar
Tidak terasa 5 hari sudah gempa 7,6 SR yang mengguncang Sumbar terlewati, sampai detik ini tim evakuasi masih berjuang keras menolong korban yang tertimbun diantara reruntuhan dan puing-puing bangunan, Padang dan Pariaman penuh dengan tangisan pilu, walau 5 hari sudah terlewati tapi trauma atas bencana gempa ini belum hilang, masyarakat masih ketakutan akan adanya gempa susulan ditambah beberapa hari ini hujan mengguyur lebat kota ranah minang ini.

Mengenai adanya kemungkinan gempa susulan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, bahwa di wilayah Provinsi Sumatra Barat banyak terdapat zona kerentanan gerakan tanah menengah hingga tinggi. Karena itu, gempa bumi yang terjadi pada Rabu, 30 September 2009 masih dapat berpotensi memicu terjadinya gerakan tanah atau tanah longsor.

Hal senada disampaikan juga oleh Departemen Energi, mereka mengingatkan masyarakat yang bermukim di atas, pada dan di bawah tebing dengan kemiringan lereng sedang hingga terjal perlu waspada. Apalagi, jika teramati ada retakan pada badan bukit, masyarakat harap mengungsi ke tempat yang aman.

Dan inilah peta kawasan rawan gempa di Sumbar khususnya sekitar Padang dan Pariaman :

Peta Kawasan Rawan Gempa di Sumbar

0 comments:

Post a Comment